Spesifikasi Program Studi Keperawatan
Nama Program | Program Studi Keperawatan |
Institusi | Universitas Syiah Kuala |
Alamat | Jl. Tgk . Tanoh Abee , Fakultas Keperawatan , Kopelma Darussalam, Banda Aceh, Indonesia |
Email dan Situs Web | fkep@usk.ac.id https://skep.fkep.usk.ac.id |
Detail akreditasi oleh badan profesional atau hukum | Program Studi Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Terakreditasi grade ‘A’ (Sangat Baik/ Excellent) oleh Badan Akreditasi Perguruan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKES) Tahun 2020 dengan SK No. SK LAM- PTKes No.0500/LAM-PTKES/ Akr /Sar/XI/ 2020 dan terakreditasi Internasional oleh lembaga ASIIN |
Nama Gelar | Sarjana Keperawatan |
Tujuan | Profil Lulusan (Program Learning Outcome) dari Program Studi ini memberikan kesempatan bagi lulusan untuk menjadi:
|
Capaian pembelajaran Program Studi | Menunjukkan sikap keagamaan dan toleransi terhadap orang lain serta menjunjung tinggi nilai moral, etika, hukum dan budaya dalam memberikan asuhan keperawatan kepada pasien dan masyarakat secara setara dan interprofesional kolaborasi (aspek sikap, pengetahuan, ketrampilan khusus). Mampu menjalankan pekerjaan profesinya berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, sosio-tehnopreneur, berkerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta bertanggung jawab secara ilmiah kepada klien, profesi, dan masyarakat (aspek pengetahuan, ketrampilan umum) Mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan dengan memperhatikan nilai sosial humaniora berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam pemberian asuhan keperawatan (aspek sikap, pengetahuan, ketrampilan khusus) Mampu melakukan evaluasi asuhan keperawatan sebagai upaya peningkatan kualitas asuhan keperawatan dalam tatanan klinik maupun komunitas (aspek pengetahuan, ketrampilan khusus) Mampu melaksanakan edukasi dengan keterampilan komunikasi dalam asuhan keperawatan dengan menggunakan teknologi informasi ilmiah (aspek sikap, pengetahuan, ketrampilan umum, ketrampilan khusus) Mampu mengintegrasikan hasil penelitian pada bidang ilmu dan teknologi keperawatan untuk memecahkan masalah kesehatan berbasis klinis dan komunitas (aspek pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus) Mampu menghasilkan, mengomunikasikan, dan melakukan inovasi pada bidang dan teknologi keperawatan (aspek pengetahuan, keterampilan umum, keterampilan khusus) Mampu meningkatkan keahlian profesional di bidang keperawatan melalui pembelajaran sepanjang hayat (aspek sikap, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus) Mampu menganalisis pengorganisasian asuhan keperawatan dan berkoordinasi dengan tim kesehatan dengan menunjukkan sikap kepemimpinan untuk mencapai tujuan perawatan klien (aspek sikap, pengetahuan, keterampilan khusus) |
Syarat Penerimaan | Ada enam pilihan untuk masuk ke program ini: Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri di Wilayah Barat atau Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMM-PTN Barat), Jalur Pengembangan Wilayah, Kategori Prestasi, Jalur Pelajar Internasional. Persyaratan masuk khusus untuk setiap opsi pendaftaran:
|
Jumlah Penerimaan Siswa Tahunan | 350 Mahasiswa Baru per tahun |
Pembelajaran Mengajar dan Strategi Penilaian | Jumlah SKS dalam 7 semester adalah 146, dimana 80,8% untuk mata kuliah kompetensi utama, 8,2% untuk mata kuliah umum, dan 11% untuk mata kuliah pilihan. Kurikulum dilaksanakan melalui pembelajaran yang berpusat pada siswa (SCL) dan pembelajaran aktif siswa. Metode pembelajaran berfokus pada siswa dengan menekankan keterampilan aplikasi, analisis dan evaluasi, meliputi: Diskusi Kelompok Kecil, Bermain Peran dan Simulasi, Studi Kasus, Pembelajaran Penemuan, Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Kolaboratif, Pembelajaran Berbasis Proyek, Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri, Lapangan Study, dan Jigsaw dan Stasiun Keterampilan Interaktif. Metode penilaian terdiri dari penilaian formatif dan sumatif. Penilaian formatif dilakukan selama proses pembelajaran, sedangkan penilaian sumatif adalah evaluasi untuk menilai hasil jangka panjang dan biasanya dilakukan pada akhir program pembelajaran, aspek perilaku yang diperhatikan harus mencakup aspek kognitif (pengetahuan), psikomotorik. (keterampilan), dan afektif (sikap dan nilai) |
Struktur dan Konten Program | 7 Semester 146 Kredit untuk Sarjana Keperawatan dengan 208,1 ECTS (1 jam=29 ECTS) |
Tipe | Waktu penuh |
Kesempatan Kerja | 100% melanjutkan ke Program Pendidikan Profesi Ners (NPEP) |
Tanggal dimana Spesifikasi Program direvisi | Juli 2024 |